Kamis, 07 Maret 2013

Senja Di Bukit Betung Lampung

Gunung Betung adalah sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi dan juga tidak bisa dibilang sebuah gundukan tanah. Gunung Betung nama itu sudah pasti dikenal oleh orang-orang yang suka mendaki gunung di Lampung. Letak Gunung Betung dahulu adalah di Kabupaten Lampung Selatan - Tanggamus dan sekarang menjadi Kabupaten Pesawaran.

Mendaki Gunung Betung bukanlah suatu prestasi yang bisa dibanggakan, tetapi bisa mendaki berulang-ulang dengan sahabat senasib dan sepenanggunang adalah suatu kesempatan yang tidak ternilai harganya.
Gunung Betung yang sekarang tidaklah perawan lagi, Kau telah dijamah tangan-tangan manusia bahkan mesin-mesin yang mengotori bumi yang memecah kesunyian.


Selepas perkebunan kopi, perladangan warga yang membentuk umbulan (ngumbul) terlewati. Para petani menjadikan lahan ini sebagai tempat bercocok tanam padi darat/gogo. Beberapa gubuk bertakhta di lereng-lereng yang cukup tajam. Dari lokasi ini, penunjuk arah menyatakan perjalan berikutnya merupakan etape ketiga yang relatif lebih menantang.

Pada etape ketiga, perjalanan mendaki gunung yang sesungguhnya. Jalan setapak, lembab, licin dan terjal, serta banyaknya binatang pengisab darah, lintah dan pacet. Di hadapan, sudah menjulang tinggi lereng bukit Gunung Betung dengan kemiringan kurang lebih 85 derajat seperti menghentikan langkah. Namun, suhu udara sekitar 19 derajat Celsius dan suasana ramai dan menantang membuat pendakian begitu menyenangkan.

Bertumpu pada tongkat yang dibawa serta berpegangan pada batang pohon kecil yang ada di sekitar jalan, tim merambat naik. Tak sedikit yang terperosok karena licin dan sulit mencari pijakan kaki.
Tapi semuanya sepadan dengan pencapaian yang kami dapat, kegembiraan mengalir sampai larut malam dengan petikan gitar & segelas kopi hangat, membayar semua capai  tadi siang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar