Senin, 18 Maret 2013

Rumah Panggung Khas Lintang IV Lawang




Rumah panggung dan rumah Limas adalah cirri khas rumah rumah yang ada di Propinsi Sumatera Selatan, unik dan sangat menarik.
Kabupaten Empat Lawang sendiri memiliki cirri khas sendiri, baik itu desain bentuk maupun tata letak ruangnya.

Rumah Panggung Empat Lawang memiliki 4 ruang utama, yang terdiri :
o   Ruang depan, pada ruang ini terdapat satu kamar, biasanya kamar ini diperuntukan untuk anak bujang, juga terdapat ruang untuk berkumpul teman temannya.
o   Ruang tamu utama, ruangan ini cukup besar, ruangan ini dipergunakan untuk menerima tamu, dan juga dipergunakan untuk berkumpul keluarga.
o   Ruang tengah, pada ruang ini terdapat kamar tidur untuk anak gadis, serta kamar orang tua.
o   Ruang belakang, pada ruang ini terdapat, dapur, ruang makan, serta keperluan untuk mencuci keperluan untuk memasak yang disebut gaghang.



Sedangkan untuk keperluan mencuci serta mandi, sebagian besar masyarakat Empat Lawang memanfaatkan sungai, sebagian masyarakat juga yang menyediakan tempat sendiri untuk MCK.
Biasanya tempat MCK ini terpisah jauh dengan bangunan utama, pada tempat ini terdapat sumur, wc serta tempat untuk mandi dan mencuci.
Pada ruangan bawah rumah, biasaya dimanfaatkan untuk gudang, ternak seperti ayam, bebek dan itik, juga digunakan untuk menyimpan kayu bakar.


Sumber : http://forumlintangempatlawang.blogspot.com

1 komentar: