Jumat, 08 Maret 2013

Kuliner Spesial Dari Lintang Empat Lawang

Bagi kito asli jemo Lintang, pasti hapal dengan kuliner dari daerah kito ini, apolagi menurut saya kuliner dari Lintang merupakan Kuliner unik dan rada-rada Extrim.. hahaha...

Coba kita cek satu persatu kuliner khas Lintang ini, apakah kamu perna mencicipinya atau belum.. cekidot..

1. Tempuyak

Makanan berbahan dasar Durian yang di permentasikan (tapi tidak menggunakan ragi), sebagian
menggunakan garam sebagai bumbu permentasinya.



2. Pedo Kepayang

Makanan berbahan dasar dari biji buah kepayang (konon babi hutan saja bisa teler habis makan ini) yang di olah dengan rangkaian pengolahannya yang super rumit. kalo mo tau resepnya silahkan kirim pesan via email, resep tidak bisa dipublikasikan karena  ini adalah salah - satu kuliner yang hampir jarang di temui, bisa di anggap kuliner yang hampir punah.. hahaha...   kuliner ini mirip dengan Rawon (masakan khas dari jawa) yang memakai bumbu dari biji buah kepayang juga.



3. Bekasam Ikan 

Ini juga merupakan kuliner yang rada-rada ekstrim, yaitu ikan di permentasikan/ di busukkan dengan menggunkan media nasi. rasa sie gk seburuk tampilannya..



4. Pindang Ikan Guan 

Naaahh... kalo yang ini di jamin enak, di daerah Lintang untuk mendapatkan ikan Guan (Ikan Gabus) tidaklah susah, meski ikan ini tidak di budidayakan tapi keberadaannya di sungai-sungai di daerah lintang cukup banyak.
Tidak jauh berbeda dengan pindang pating atau sejenisnya, hanya ikannya saja yang memakai ikan Gabus.



5. Begeku

Mungkin masakan satu ini sudah tidak asing untuk masyarakat umumnya, setahu saya di luar daerah Lintang orang menyebutnya "cucut"..




6. Bekasam Rebung

Itulah hebatnya orang indonesia yack.. bambu aja dimakan lo.. hahaha..  untuk masyarakat indonesia sayur rebung memang sudah dikenal sebagian besar masyarakat indonesia, tapi untuk bekasam rebung (rebung yang di permentasikan), mungkin belum banyak yang mengetahuinya. rasanya unik dan bikin ketagihan.




Begitu banyak kuliner dari Lintang yang unik dan menarik, tapi untuk postingan kali ini saya cuma bisa mengulas enam masakan ini saja, apalagi saya cowok, jadi kurang banyak mengetahui kuliner-kuliner tersebut, tapi saya usahakan nanti posting lagi tentang kuliner ini kalo saya sudah nanya sama endung (Ibu) di dusun. hehehe..

4 komentar:

  1. begeku kalo di tempat saya namanya TUTUT, hehe...
    pengen nyoba tempuyak, soalnya saya suka banget durian dan olahan durian, hehe :D

    BalasHapus
  2. kirimkan dong resepnya di amail saya saidah.rasyidah@gmail.com
    makanan dari kepayang

    BalasHapus
  3. Mantap sob(makanan aku maseh gi kecek setu),,hehe
    artikelnya menarik ijin copas ya

    BalasHapus
  4. mohon d kirim ke email sya..sngat mnarik menunya..
    didaysue@hotmail.com

    BalasHapus